Pencarian

Judul / Title
Pengarang / Authors
Penerbit
Subyek / Subjek
ISBN

Klik ---> https://librarystikespkj.wordpress.com/ untuk melihat daftar jurnal yang bisa di akses

Bagi yang mencari buku tidak ketemu padahal di katalog komputer ada, kemungkinan buku tersebut : masih diperbaiki, rusak atau sudah tidak di edarkan di perpustakaan. 

Terakhir diperbarui oleh :
El-Russie,
Senin 2017-08-25 10:08:00

Klik ---> https://librarystikespkj.wordpress.com/ untuk melihat daftar jurnal yang bisa di akses

Bagi yang mencari buku tidak ketemu padahal di katalog komputer ada, kemungkinan buku tersebut : masih diperbaiki, rusak atau sudah tidak di edarkan di perpustakaan. 


Terakhir diperbarui oleh :
Russie,
Senin 2017-08-07 07:08:00

SARAPAN DULU SEBELUM MEMULAI AKTIFITAS YA


Terakhir diperbarui oleh :
darkonah,
Senin 2017-07-19 09:07:00

 
Membaca adalah aktivitas yang sangat bermanfaat. Banyak orang sadar akan hal itu. Namun sayang, terkadang lingkungan kita tidak selalu mendukung.

Ada saja gangguan yang membuat kita tidak bisa maksimal dalam membaca. Gangguan-gangguan tersebut bisa berasal dari luar, bisa pula berasal dari dalam diri kita.

Dibandingkan dengan gangguan dari dalam, gangguan-gangguan dari luar atau eksternal biasanya lebih kuat dan terasa pengaruhnya.

Berikut beberapa gangguan eksternal utama dalam membaca dan belajar serta bagaimana cara mengatasinya.

1. PONSEL
 

ponsel

Keberadaan ponsel menghadirkan berbagai potensi gangguan terhadap niat untuk membaca.

Semakin canggih ponsel kita, semakin banyak keinginan yang ditimbulkannya.

Keinginan untuk bermain game, browsing, update media sosial dan sebagainya membuat kita sulit berkonsentrasi saat memutuskan akan membaca atau belajar.

Solusi terbaik mengatasi gangguan ini adalah dengan mematikan ponsel Anda. Disiplinkan diri Anda dengan mematikan ponsel, saat Anda menghabiskan waktu secara khusus untuk membaca atau belajar.

Cara ini akan membantu Anda untuk fokus pada bacaan dan bahan yang sedang dipelajari.

2. TELEVISI
 

televisi

Disamping mendapatkan informasi, kegiatan menonton televisi biasanya kita lakukan untuk mencari hiburan. Banyak acara televisi dirancang untuk membuat penontonnya merasa rileks.

Tak mengherankan bila televisi sering menjadi gangguan terbesar usaha kita untuk membaca atau belajar. Terutama bila ruangan atau tempat membaca Anda berdekatan dengan ruangan keluarga, dimana televisi biasa menyala.

Jangan biarkan perhatian Anda terpapar pada dua hal sekaligus. Selain otak Anda akan cepat lelah, materi yang tengah dibaca juga akan sulit dipahami. Akibatnya, Anda tidak akan kunjung menyelesaikan bacaan.

Agar mendapatkan hasil maksimal, matikan atau minimal jauhkan televisi dari diri Anda. Dengan begitu Anda lebih dapat memfokuskan diri pada bacaan yang dihadapi.

3. KOMPUTER / LAPTOP
 

laptop

Bila Anda tidak mampu bersikap, komputer atau laptop bisa menjadi kawan sekaligus lawan. Saat belajar, pastikan hanya halaman-halaman yang relevan untuk dipelajari yang terbuka. Fokuskan diri Anda pada materi-materi yang memang ingin dibaca atau dipelajari.

Matikan semua fasilitas on-line seperti facebook, yahoo, dan lainnya yang menggiring Anda untuk melenceng dari tujuan. Kendalikan diri Anda untuk tidak membuka game, youtube, atau situs-situs hiburan lain yang cenderung menghabiskan waktu Anda.

4. KELUARGA DAN TEMAN-TEMAN
 

keluarga-dan-teman

Berkumpul bersama keluarga dan teman-teman bisa jadi momen yang menyenangkan. Namun hal itu bisa jadi saat yang menyulitkan, bila Anda harus tetap berkonsentrasi pada bacaan. Misalnya karena besok Anda harus menghadapi ujian atau rapat penting.

Sulit memang untuk menghindari gangguan bila anggota keluarga atau teman-teman Anda tidak tahu dan mau memahami kesulitan Anda.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan belajar untuk mengisolasi diri. Terutama bila Anda mendapatkan kenyataan bahwa teman-teman keluarga Anda sulit memahami kebutuhan Anda.

Pilihlah tempat yang meminimalkan gangguan, seperti sudut ruangan, di balik lemari, dan sebagainya yang cukup terisolasi dari keramaian

Bersikaplah ramah namun tegas pada ajakan keluarga atau teman-teman yang tidak terlalu penting dan waktunya bisa digantikan dengan aktifitas membaca atau belajar.

5. KEBUTUHAN FISIK
 

makanan-minuman

Aktivitas membaca, apa lagi dalam waktu lama, membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Tubuh yang lelah, mengantuk, lapar ataupun haus akan mengurangi motivasi dan konsentrasi Anda saat membaca.

Demikian pula adanya berbagai dorongan refleks tubuh, seperti keinginan untuk buang air, haus, dan sebagainya yang akan membuat Anda sering beranjak dari kursi. Akibatnya, konsentrasi membaca Anda sering buyar.

Cara mensiasati hal ini adalah dengan memilih waktu dimana Anda benar-benar dalam kondisi yang fit untuk membaca. Upayakan berbagai tindakan antisipasi sebelum Anda mulai membaca.

Penuhi terlebih dahulu kebutuhan fisik Anda sebelum membaca. Isilah perut dengan makanan dan minuman yang cukup. Ada baiknya juga Anda letakkan sedikit kudapan dan secangkir minuman di meja baca agar mudah dijangkau.

Tak mudah memang untuk melakukan solusi yang disarankan. Namun dengan terus berlatih, kemampuan Anda mengatasi gangguan eksternal untuk berkonsentrasi akan semakin terasah. Dengan begitu waktu berharga untuk membaca yang Anda punya akan semakin optimal digunakan nantinya.


Terakhir diperbarui oleh :
Bae Rozi,
Senin 2017-06-08 07:06:00

Selamat datang di Library Stikes, kali ini yang paling giat mengunjungi perpustakaan Bulan Mei 2017 adalah mahasiswa DIII Keperawatan

 


 


Terakhir diperbarui oleh :
bae Rosie,
Senin 2017-05-22 11:05:00

Selamat datang di Library Stikes, kali ini yang paling giat mengunjungi perpustakaan adalah mahasiswa dari Prodi S1 Keperawatan & DIII Keperawatan

 


Terakhir diperbarui oleh :
NN,
Senin 2017-04-18 09:04:00

Teman teman yang butuh tambahan referensi, berikut adalah 7 situs yang menyediakan beragam jenis e-book, mulai fiksi hingga akademis, yang dapat kita dapatkan secara gratis namun tetap legal.

Hasil gambar untuk ebook 

1. Project Gutenberg (http://www.gutenberg.org)

Project Gutenberg adalah salah satu situs penyedia e-book gratis yang bisa didownload maupun dibaca online. Pada tahun 1971, Project Gutenberg memulai usahanya untuk menyediakan buku elektronik gratis untuk setiap orang. Situs ini berusaha untuk 'mendigitalisasikan' buku teks dengan bantuan para relawan yang juga memiliki tujuan yang sama. Situs ini juga tidak memungut biaya apapun, namun jika kita ingin memberikan donasi untuk memperkaya koleksi buku yang akan dibuat versi digitalnya. Tidak terbatas pada format text, Project Gutenberg juga berusaha untuk menyediakan buku dalam format lainnya seperti PDF, HTML, audiobook, hingga buku dalam CD dan DVD. Jika kita tertarik untuk menjadi salah satu relawan di situs ini, kita dapat membantu dengan berbagai cara, mulai dari menjadi proofreader, membantu proses burning CD untuk mereka yang tidak memiliki koneksi internet, dan lain sebagainya.

2. Open Library (http://openlibrary.org)

Sama seperti situs sebelumnya, Open Library juga menyediakan e-book gratis. Layaknya 'library' (perpustakaan), situs ini menyediakan fitur baca dan juga pinjam. Open Library juga bekerja sama dengan beberapa perpustakaan dunia untuk melengkapi koleksinya. Menariknya, kita juga dapat berkontribusi di situs ini dengan mendaftarkan perpustakaan kita. Selain itu, kesempatan untuk memberikan kontribusi berupa perbaikan kesalahan penulisan, penambahan koleksi buku dan penulisan widget juga dapat kita lakukan. Situs ini cenderung menyediakan literatur klasik yang merupakan sebagian besar koleksinya. 

3. Oapen Library (http://www.oapen.org)

Oapen Library menyediakan e-book akademis yang sebagian besar berada di area ilmu sosial dan humanities. Walaupun sebagian besar koleksinya merupakan literatur ilmu sosial, Oapen Library juga menyediakan e-book di bidang lainnya seperti ekonomi, geografi, hukum, dan bidang keilmuan lainnya. 

4. Acehbooks (http://www.acehbooks.org)

Dari Judulnya, kita pasti beranggapan bahwa situs ini adalah situs yang disediakan oleh pemerintah, lembaga, atau badan lainnya di Aceh. Namun, faktanya, situs ini merupakan salah satu project University of Leiden untuk menyelamatkan literatur Aceh. Jadi, situs ini berisi buku-buku tentang Aceh yang ditulis dalam beberapa bahasa seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Aceh, Bahasa Inggris, Bahasa Belanda, dan juga dalam beberapa bahasa di negara Eropa lainnya.

5. Literature (http://literature.org)

Situs ini menyediakan literatur Inggris klasik yang sebagian besar adalah cerita fiksi. Situs ini sangat cocok bagi para penggemar Mark Twain, Charles Dickens, Emily Bronte, Jack London dan beberapa penulis lainnya. Selain fiksi, situs ini juga menyediakan karya ilmiah klasik. 

6. Feedbooks (http://www.feedbooks.com)

Feedbooks merupakan salah satu situs yang cukup kaya akan literatur, baik itu fiksi maupun non fiksi. Situs ini menyediakan beragam tulisan bergenre cerita pendek, humor, sejarah, hingga travel. Semua buku sudah dikategorikan sehingga memudahkan pengunjungnya untuk memilih buku yang diinginkan. 

7. Archive (http://archive.org)

Situs ini berhubungan dengan situs Open Library dalam pengelolaannya. Situs ini juga menyediakan beragam literatur dengan cakupan bidang yang cukup luas. Di situs ini juga terdapat buku yang berhubungan dengan pembelajaran bahasa seperti Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Jerman, Bahasa Arab, dan bahasa lainnya. 

 

Sumber: http://www.hipwee.com/list/7-situs-penyedia-e-book-gratis-dan-legal/


Terakhir diperbarui oleh :
El-Russie,
Senin 2017-04-07 12:04:00

Selamat datang di Library Stikes, Maret sudah berlalu, semangat bulan April untuk rajin berkunjung ke perpus, kali ini yang paling giat mengunjungi perpustakaan adalah mahasiswa dari Prodi S1 Keperawatan & DIII Keperawatan

IMA C.C - KHIANATUL MUNAH - RIS SUKMAWATI

 

Semoga kakak-kakak yang lain tetap semangat untuk selalu rajin berkunjung ke perpustakaan, agar wawasan kita menjadi bertambah bukan karena di suruh buat tugas, :D kami tunggu pengunjung bulan yang akan datang ya kakak-kakak.

 


Terakhir diperbarui oleh :
Rosi Hye Kyo,
Senin 2017-03-10 03:03:00

Halo teman-teman Library Stikes, Februari sudah berlalu, semangat bulan ke tiga untuk rajin berkunjung ke perpus, kali ini yang paling giat mengunjungi perpustakaan adalah mahasiswa dari Prodi S1 Keperawatan Tingkat 4 lagi yaitu

FAJAR SIDIK, NUR AMINAH, ANNISAH TURROHMAH  = 15 Kunjungan

 

   

Semoga teman-teman yang lain tetap semangat untuk selalu rajin berkunjung ke perpustakaan, agar wawasan kita menjadi bertambah bukan karena di suruh buat tugas, :D kami tunggu pengunjung bulan yang akan datang ya teman-teman.

 

 

 


Terakhir diperbarui oleh :
Choi Ji Ross,
Senin 2017-02-21 11:02:00

Halo teman-teman Library Stikes, Tahun baru semangat juga harus baru, kali ini yang paling giat mengunjungi perpustakaan adalah mahasiswa dari Prodi S1 Keperawatan Tingkat 4 yaitu

AFID SETYAWAN (130870S) = 16 Kunjungan

 

dan

 

SANTI SUSILOWATI (130938S) = 15 Kunjungan

 

Semoga teman-teman yang lain tetap semangat untuk selalu rajin berkunjung ke perpustakaan, agar wawasan kita menjadi bertambah bukan karena di suruh buat tugas, :D kami tunggu pengunjung bulan yang akan datang ya teman-teman.

 

 


Terakhir diperbarui oleh :
Rosi De La Cruz,
Senin 2017-01-09 03:01:00

Halo teman-teman Stikes, kali ini yang paling rajin berkunjung ke Perpustakaan Stikes Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan di bulan Desember 2016 lalu adalah mahasiswa dari Prodi S1 Keperawatan Tingkat 4 yaitu

Ayu Ainul Ghurroh (130881S) = 17 Kunjungan

 

dan

 

Siti Aminah (130942S) = 15 Kunjungan

 

Semoga teman-teman yang lain tetap semangat untuk selalu rajin berkunjung ke perpustakaan, semangat tambah wawasan dan ilmu ya... Jangan loyo, move move move om... :).

 


Hal : 1 2